Skip to content

Mencari Beasiswa – Susah?

September 6, 2013

hidupmu di tanganmu… 

Saya ingat salah satu twit dari Mas Billy Boen – sang penulis Young on Top (@YoungOnTop) mengenai kesempatan pendidikan di Indonesia. Jujur memang pendidikan di Indonesia masih dalam kondisi memprihatinkan. Banyak yang tidak mampu mendapatkan pendidikan yang seharusnya dapat menunjang kehidupan mereka agar lebih baik lagi. Mas Billy Boen juga prihatin mengenai hal ini. Menurutnya, salah satu yang penting bagi generasi muda adalah pendidikan.

Dan bagi mereka yang tak mampu, banyak kesempatan mencarinya di luar sana dalam bentuk beasiswa. Bergelimangan beasiswa yang ditawarkan di luar sana, baik dari perusahaan maupun pemerintahaan, dalam dan luar negeri. Bagi mereka yang memang menginginkannya, kesempatan meraihnya selalu ada – ingat dengan film Laskar Pelangi yang didasarkan pada kisah nyata penulisnya? Dari daerah terpencil di Sumatra hingga akhirnya ke Eropa.

Nah…

Bergelimangannya beasiswa di luar sana – sebenarnya tidak serta merta menjawab semua masalah pendidikan yang ada. Hanyalah salah satu cara mengatasinya. Dan sebenarnya menimbulkan satu pertanyaan baru: “Bagaimana caranya mendapatkan beasiswa itu?”

Saya ingin sharing mengenai salah satu program beasiswa yang saya ikuti yang diselenggarakan oleh sebuah bank swasta nasional di negeri kita ini. Program Pendidikan Akuntansi – PPA. Program ini memberikan kesempatan bagi mereka-mereka yang ingin kuliah di jurusan Akuntansi namun mengalami kendala dalam hal biaya. Bahkan… program ini memberikan uang saku bulanan (di tahun 2001, total uang saku bulanannya sekitar Rp 750.000). Dan menariknya adalah setelah lulus dari program ini, para peserta dapat bekerja di bank tersebut.

Memasuki jalur beasiswa ini tentunya tidak mudah. Dari ribuan applicant yang ada tiap tahunnya, hanya akan dipilih kurang lebih 60 – 70 orang (yang akan dibagi dalam 2 kelas angkatan) – di saat awal program ini berjalan, bahkan hanya ada 1 angkatan per tahunnya. Nah bedanya dengan beasiswa lain, selain masalah pekerjaan langsung di bank tersebut adalah bahwa beasiswa ini adalah program pendidikan non gelar setara S1. Jadi saat lulus nanti, kita akan dianggap setara S1 oleh bank tapi tidak memiliki gelar. Tapi sejak tahun 2009, program ini telah bekerja sama dengan Universitas Trisakti sehingga masalah gelar SE itu tidak lagi jadi masalah.

Beasiswa? Carilah

Beasiswa? Carilah

Carilah…

Seperti kutipan di awal, bahwa hidup ini ada di tangan kita sendiri, kalau memang kita menginginkan beasiswa guna menunjang kehidupan yang lebih baik lagi… carilah informasi sebanyak-banyaknya.

Dan agar mendapatkan beasiswa yang tepat, saya punya beberapa tips berdasarkan pengalaman saya ini – mudah-mudahan sih bermanfaat ya:

1. Sebelum mencari tahu mengenai Beasiswanya – cari tahu dulu Jurusan apa yang kamu inginkan.

Ibaratnya seperti saat mau jalan-jalan – tentukan dulu tujuannya. Baru cari tiket yang akan membawamu ke sana. Gitu.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa jurusan yang kamu inginkan. Beasiswa itu banyak kok tersedia. Beasiswa pertanian, ekonomi, dan lainnya.

Sekarang ini banyak mailing list bertebaran yang membahas mengenai beasiswa kok. Jangan sungkan bertanya – tapi jangan juga bertanya hal-hal yang sudah ada secara umum di masing-masing keterangan grup.

3. Setiap jurusan memiliki kriteria/syarat-syarat beasiswa yang berbeda. Jadi kenalilah masing-masing dengan sebaik-baiknya. Ada yang membutuhkan TOEFL, ada yang mensyaratkan GMAT. Ada juga yang hanya memberikan beasiswa 1/4 dari total biaya dan ada juga yang total keseluruhan.

4. Googling – internet kini mudah sekali dijangkau. Cobalah lakukan riset yang diperlukan mengenai beasiswa yang diinginkan.

O iya… balik lagi ke perkataan Mas Billy Boen, saat saya bertanya mengenai kesempatan informasi yang tidak dimiliki oleh setiap orang – tidak semua memiliki kesempatan googling seperti yang lain – Mas Billy berkata: “Kalau itu memang hal yang diinginkan – apapun akan dilakukan – masa cari informasi aja tidak bisa?”

5. Gagal??? Coba lagi. Masih banyak kesempatan di luar sana kok. Masa gitu aja nyerah.

Malu bertanya sesat di jalan… jadi jangan sungkan untuk bertanya-tanya.

Itu sih tips singkat dari saya. Seperti dulu, saya sudah tahu kalau inginkan beasiswa akuntansi – dan akhirnya saat mendapatkan info mengenai beasiswa PPA ini – segera saya coba. Gagal di tahun pertama – saya coba lagi di tahun kedua dan akhirnya berhasil masuk. Setidaknya… bagi saya inilah jalan saya untuk jadi seperti sekarang ini.

Do what you have to do to make your dreams come true

Saya rasa kutipan itu pas. Kalau memang mendapatkan beasiswa adalah salah satu mimpimu… kenapa tidak coba mencari tahu.

Berikut ini beberapa link informasi terkait beasiswa yang dapat saya tuliskan – dapat dari googling:

http://karir.bca.co.id/app/opportunities/ppa/

http://beasiswaindo.com/

http://scholarshipsbank.com/beasiswa-indonesia-scholarships/

https://www.facebook.com/pages/Beasiswa-Indonesia/139308111961

http://beasiswaindonesia.blogspot.com/

http://www.setneg.go.id/index.php?Itemid=93&id=46&option=com_content&task=blogcategory

http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

About these ads
22 Comments
  1. Ada info lomba puisi gk ya gtu, klo ngirim k’redaksi majalah juga klo d’muat aja ya :)

    • Wah blm ada info tuh. Nanti kalau ada saya post deh.

  2. nice tips… I’ll share with the others ya… :)

    • Thank you Asmie

  3. boleh d’coba ni…

    • Ayoo. Semangat.

  4. beasiswa, salah satu cara untuk menyiasati biaya pendidikan yang kian mahal,bro

    • Iya mas. Dan banyak loh

  5. Teguh Puja permalink

    Sudah lama tak mampir di rumahmu, Mas. :D

    bicara masalah beasiswa, pilihan untuk beasiswa itu memang banyak sekali, asalkan mau menyisihkan waktu, persyaratan2 yang dibutuhkan juga bisa dipersiapkan :D

    • Makasih dah mampir lagi mas… *PR blm selesai nih*

      Iya… harus benar2 sisihkan waktu. Kalau dah niat. Pasti bisa

      • Teguh Puja permalink

        Hehe, iya mas, baru sempat untuk bertamu ke tempat-tempat lainnya juga. :p

        Betul mas, tentukan goal yang ingin dicapai, dan mulai atur rencana satu per satu untuk menggapainya. :D

        • Setuju mas… harus gitu tuh.

  6. kalau aku dulu dipanggil bro, diminta memenuhi persyaratan buat dapat bea siswa, jd dr pihak universitas yg memantau siapa yg berhak dapat, kaget juga sih krn sebelumnya nggak bermimpi dapat :)

    • Wahhh. Hebat mba. Beasiswa dmn?

  7. jampang permalink

    saya belum minat dengan tawaran beasiswa …… kalau nggak dibilang kurang mampu :D

    • Haha. Gengsi ya

      • jampang permalink

        bukan gengsi… nggak mampu ikut tesnya

        • Wahhh. Masa dah takut duluan mas

  8. sekarang masih ikut beasiswa nya mas ?

    • Dah gak mas. Hehe

  9. iya,, usaha terus,, kalo gak dapet blm rejeki sih menurut aku mas, hehe

    • Iya. Jangan menyerah

Ditunggu komentarnya...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,981 other followers

%d bloggers like this: